Ingin Tahu Perkembangan Kognitif Bayi? Klik Orami Magazine

Menjadi orang tua memang bukanlah perkara yang mudah dan membutuhkan banyak ilmu yang memadai. Terutama untuk bisa mengurus anak secara baik dan benar. Untuk itulah, Orami Magazine hadir untuk bisa memenuhi kebutuhan informasi akan anak dan bayi. Tidak terkecuali kebutuhan informasi tentang perkembangan kognifit yang akan dijelaskan seperti berikut ini.

Perkembangan Kognitif Bagi Usia 0-3 Bulan

Tahapan kognitif bayi yang pertama terjadi pada usia 0-3 bulan seperti yang satu ini. Pada usia yang satu bisa dibilang bayi sudah mengenali suara di sekitar lingkungannya. Terutama suara dari kedua orang tuanya. Selain itu, pada tahap koginitif yang satu ini juga kemampuan visual dari si kecil sudah meningkat dan mulai dapat membedakan benda satu sama lain.

Perkembangan Kognitif Bayi Usia 4-6 Bulan

Perkembangan berikutnya akan lebih terfokus pada kemampuan visual dari si kecil yang sudah semakin membaik. Bahkan pada tingkat yang satu ini, si kecil akan menanggapi apabila diberikan mainan atau makanan yang memiliki bentuk unik. Selain itu, mereka juga akan tertarik apabila diajak bicara dengan ekspresi tertentu. Biasanya hal ini terjadi di usia bayi 4-6 bulan.

Perkembangan Kognitif Bayi Usia 7-9 Bulan

Bayi yang sudah menginjak usia 7-9 bulan bakal memiliki perkembangan yang lebih peka lagi dan mampu memberi respon balik terhadap rangsangan yang diberikan lingkungan sekitar. Selain itu, pada usia ini juga akan membuat si kecil memiliki rasa penasaran yang lebih tinggi. Kondisi yang membuat mereka akan lebih mengeksplorasi kondisi lingkungan sekitar.

Perkembangan Kognitif Bayi Usia 9-12 Bulan

Perkembangan kognitif bayi di usia 9-12 bulan di berikutnya yang ada di Orami Magazine akan membuat Anda paham tentang tumbuh kembang mereka yang semakin baik. Soalnya pada usia ini kepekaan mereka pada lingkungan sekitar semakin membaik saja. Bahkan bayi bisa merasakan kesedihan hingga menangis apabila ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya.

Perkembangan Kognitif Usia 1-2 Tahun

Apabila bayi Anda sudah memasuki usia 1-2 tahun sebaiknya sebagai orang tua mesti mempersiapkan diri. Soalnya pada usia ini perkembangan dari si kecil akan terasa sangat cepat. Terutama perkembangan dalam hal meniru orang di sekitar dan juga bermain berbagai peran. Contoh sederhananya seperti berpura-pura menjawab telepon hingga berpura-pura menjadi ibu.

Perkembangan Kognitif Usia 3-5 Tahun

Terakhir, adalah bayi yang sudah memasuki usia 3 hingga 5 tahun dan pastinya memiliki perkembangan yang lebih baik dari tahap sebelumnya. Bisa dibilang, di usia ini membuat si kecil sudah memiliki berbagai pertanyaan yang sulit dijawab oleh para orang tua. Bahkan mereka juga sudah memiliki rasa penasaran yang tinggi pada seni seperti musik hingga menggambar.

Dengan mengetahui perkembangan kognitif si kecil seperti yang sudah dijelaskan di atas pastinya membuat Anda menjadi lebih paham sebagai orang tua. Apabila Anda memiliki banyak pertanyaan lainnya seputar orang tua dengan anak jadikan Orami Magazine sebagai sumber referensi terpercaya Anda.